I LOVE MALAYSIA..1 MALAYSIA..THE LAND OF PARADISE..

Wednesday, October 7, 2009

Iin Yumiyanti - detikNews

Jakarta - Tudingan soal klaim budaya Indonesia membuat Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Dato Zainal Abidin Zain heran. Indonesia mempersoalkan batik, reog dan lagu Rasa Sayange yang disebut diklaim Malaysia. Padahal, menurut Dato Zainal, tiga budaya itu memang benar-benar ada di Malaysia.

Nenek moyang Malaysia banyak yang berasal dari Indonesia, maka mau tidak mau banyak budaya asal Indonesia yang kini juga hidup dan ada di Malaysia. Lagu Rasa Sayange, misalnya, Dato zainal mengaku sudah mendengar lagu itu sejak kecil. Selain dinyanyikan oleh orang-orang tua, lagu itu juga diajarkan di sekolah.

"Lagu itu diajarkan di sekolah-sekolah kami. Jadi mengapa kami dituding mengklaim?" kata Dato Zainal saat berbincang dengan detikcom usai acara ramah tamah dengan peserta Malaysia International Visitor Programme (MIVP) di Kedutaan Besar Malaysia, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Rabu (6/2/2008).

Kemudian mengenai reog, menurut Dato Zainal, tarian itu memang benar-benar ada di daerah Johor, Malaysia. Demikian pula batik, Malaysia juga memilikinya. Ditegaskan Dato Zainal, seni melukis di kain ini tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga di Hawaii. "Mengapa Indonesia tidak menuding Hawaii telah mengklaim batik?" protes Dato Zainal.

Dato Zainal menduga ada pihak-pihak yang sengaja ingin membuat hubungan Indonesia dengan Malaysia renggang. Namun siapa pihak itu, Zainal tidak mau mengungkapnya. Ia hanya menyebut, salah satu indikasi hal itu adalah demo reog Ponorogo di depan Kedubes Malaysia beberapa waktu lalu. Menurut Zainal, pasti ada yang menggerakkan dan membiayai demo tersebut.

salah satu contoh corak Pareo yang sama seperti batik Indonesia dan Malaysia

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online